Saat ini, banyak perusahaan menggunakan CRM (Customer Relation Management) untuk mengelola semua aspek yang terkait dengan prospek dan pelanggan. CRM adalah sistem database yang meningkatkan penjualan dan layanan. Banyak bisnis memilih menggunakan CRM untuk mengatur urusan sehari-hari mereka karena ini adalah cara bagi mereka untuk berkomunikasi dengan pelanggan secara lebih efektif, meningkatkan kualitas layanan pelanggan dan kepuasan pelanggan, dan meningkatkan peluang penjualan.
Pengertian Customer Relation Management?
Customer Relation Management atau manajemen hubungan pelanggan dalah sistem bisnis untuk mengelola interaksi dengan pelanggan dan prospek. Fitur CRM membantu perusahaan membangun hubungan dengan pelanggan, mendorong pertumbuhan bisnis, dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Platform CRM meningkatkan pengalaman pelanggan dengan memungkinkan bisnis untuk memberikan konten yang dipersonalisasi di berbagai saluran secara real time.
Software CRM adalah alat modern untuk bisnis saat ini. Software CRM kami membantu perusahaan mengelola pelanggan mereka secara efektif melalui fitur-fitur yang mudah digunakan seperti tugas dan templat otomatis, kampanye email yang menjangkau kelompok pelanggan yang ditargetkan, daftar kontak, dan laporan.
Penerapan sistem CRM database pelanggan merupakan langkah penting. Sistem CRM database membantu perusahaan meningkatkan kualitas hubungan pelanggan mereka secara keseluruhan, yang berkontribusi secara signifikan untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.
Apa tujuan bisnis menggunakan CRM?
Ciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik dan tingkatkan pendapatan dengan menambahkan nilai lebih pada produk dan layanan Anda. Ciptakan lebih banyak peluang penjualan dengan CRM yang memungkinkan Anda untuk memahami pelanggan Anda dengan lebih baik, melengkapi informasi dari transaksi sebelumnya dalam database, memahami kebutuhan mereka dengan lebih baik, dan membuat keputusan yang lebih tepat tentang produk atau layanan apa yang Anda sediakan selanjutnya.
Apa manfaat Customer Relation Management?
CRM adalah alat manajemen hubungan pelanggan yang menangkap dan memantau data interaksi pelanggan, memungkinkan Anda untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan Anda. Manfaat utama CRM adalah membantu perusahaan mengelola data interaksi pelanggan dalam database CRM yang terintegrasi. Manajemen informasi yang efektif memberikan informasi terperinci tentang kemajuan yang dibuat terhadap tujuan perusahaan dan merupakan perusahaan berbasis pengetahuan.
Tim Anda akan memiliki akses cepat dan mudah ke informasi pelanggan yang relevan, sehingga mereka dapat memberikan layanan pelanggan terbaik. Platform ini juga menyediakan sumber informasi yang dapat diandalkan untuk kerja tim internal, pelaporan transparan untuk meningkatkan akuntabilitas dan mengurangi duplikasi sistem antar departemen. Ini membantu Anda melakukan kampanye dengan cara yang ditargetkan dan berorientasi pada penjualan, memandu calon pelanggan melalui proses penjualan, memahami keluhan pelanggan, dan banyak lagi!
Namun, terkadang banyak kendala yang menyebabkan fungsi CRM tidak bekerja secara maksimal. Anda dapat mencegahnya dengan melakukan hal berikut:
1. Fokus pada penggunaan
Untuk memastikan keberhasilan proyek CRM Anda, luangkan waktu untuk melatih pengguna tentang cara menggunakan sistem dengan benar. Hal ini akan memungkinkan manajer dan supervisor untuk mengelola kinerja tim mereka secara lebih efektif, sehingga meningkatkan keterlibatan karyawan dengan organisasi.
2. Mengintegrasikan sistem
Integrasi CRM memungkinkan Anda untuk secara otomatis menyimpan informasi tentang pelanggan Anda, termasuk informasi kontak, riwayat obrolan, dan lainnya. Otomatisasi ini memudahkan Anda untuk melacak interaksi pelanggan dan meningkatkan layanan pelanggan.
3. Batasi hak akses pengguna
Untuk melindungi data sensitif, perusahaan harus membatasi siapa yang dapat mengakses dan mengeditnya. Perangkat lunak CRM yang baik memungkinkan Anda memutuskan pengguna mana yang memiliki akses ke informasi yang paling penting untuk pekerjaan mereka, siapa yang dapat memperbarui informasi ini jika perlu, dan siapa yang seharusnya tidak dapat melihatnya sama sekali.
4. Selektif untuk menyimpan data
Basis data pelanggan harus didesain sedemikian rupa sehingga dapat dengan mudah dikelola seiring dengan pertumbuhan bisnis. Tentu saja, tidak semua data pelanggan perlu disimpan. Organisasi harus dapat membedakan mana informasi yang penting dan mana yang tidak untuk memastikan hal ini terjadi.
5. Penggunaan perangkat lunak CRM
Cara terbaik untuk meningkatkan pengalaman pelanggan anda adalah dengan menggunakan software CRM yaitu Venus CRM menyediakan informasi yang detail mengenai pelanggan anda dalam satu tempat, termasuk percakapan telepon dan email yang pernah mereka lakukan dengan perusahaan anda, riwayat kontak mereka, dan daftar progress mereka. Perusahaan dapat menggunakan informasi ini untuk mengidentifikasi tren, meningkatkan penawaran produk atau layanan mereka dan meningkatkan kepuasan pelanggan dengan perhatian yang dipersonalisasi yang mencerminkan kebutuhan individu mereka di setiap tahap proses penjualan.